Video Jenis Laba Laba Yang Ada Di Indonesia

Laba laba merupakan jenis binatang yang bisa terbagi dalam kategori laba laba berbisa dan laba laba tidak berbisa. Sampai tahun 2016, kurang lebih ada 45.800 spesies laba-laba yang sudah dipetakan dan digolongkan menjadi 114 suku. Kebanyakan laba-laba memang merupakan predator (pemangsa) penyergap, yang menunggu mangsa lewat di dekatnya sambil bersembunyi di balik daun, lapisan daun bunga, celah bebatuan, atau lubang di tanah yang ditutupi kamuflase. Bentuk laba laba umumnya menyeramkan, namun apabila diperhatikan ada juga jenis laba laba lucu yang bisa dilihat dari wajahnya apabila diperbesar.

Sementara beberapa jenis laba laba lain ada yang memiliki pola warna yang mampu menyamarkan tubuhnya di balik dedaunan, di batang pohon, di bebatuan, di dinding rumah, di atas tanah, maupun di lubang tanah, sehingga laba laba tidak perlu bersembunyi. Dari banyaknya jenis laba laba yang ada di dunia, tentu saja ada banyak jenis laba laba yang ada di Indonesia, termasuk untuk jenis tarantula. Jenis laba laba di Indonesia juga ada yang masuk sebagai jenis laba laba beracun atau jenis laba laba berbahaya, dan juga banyak yang masuk sebagai jenis laba laba tidak berbahaya atau jenis laba laba tidak beracun. Selain itu jenis laba laba berdasarkan habitatnya atau tempat bersemayamnya, diantaranya ada yang disebut sebagai laba laba pohon. Jenis laba laba pohon atau jumping spider adalah jenis laba laba yang bisa kita temukan dan lihat berada di pohon, baik itu yang bersarang menggunakan jaring atau klamat laba laba, maupun jenis laba laba pohon yang hanya hinggap di dedaunan dan batang pohon.

Dikutip dari wikipedia, bahwa jenis ordo laba-laba ada 3, yaitu :
1. Araneomorphae sebagai kelompok laba-laba modern, dimana sebagian besar jenis laba-laba yang ada saat ini adalah masuk pada subordo ini. Taring dari spesies laba-laba “modern” ini mengarah ke depan agak miring yang geraknya berlawan arah, seperti halnya capit saat menggigit mangsa.
2. Mesothelae, sebagai jenis laba-laba primitif dan tak berbisa. Jenis laba laba ini memiliki ciri ruas tubuh yang jelas, dan yang merupakan turunan dari jenis laba laba artropoda beruas.
3. Mygalomorphae atau Orthognatha, adalah jenis laba laba bertubuh besar yang membuat lubang persembunyian atau jebakan di tanah. Termasuk dalam jenis laba laba ini adalah lancah maung dan tarantula

Video Penampakan Sebagian Jenis Laba Laba Yang Ada Di Indonesia :

You May Also Like

b5ddea27e2a800e597cc8a2589db06b46e9785a5