all about simple tips and ideas

Cara Simple Cek Template Responsive

loading...

Cara simple cek template responsive untuk tablet dan mobile device lainnya menggunakan browser komputer.

Template dengan layout resposive barangkali sudah menjadi tuntutan di zaman edan. Pengguna internet yang pada awalnya didominasi dengan PC Desktop dan Laptop, mulai tergeser dengan hadirnya piranti ponsel layar lebar. Ponsel layar lebar dalam bahasa gaul ada yang menyebutnya smartphone, tablet, pablet, android, iphone atau apalagi namanya ya sebentar pren, saya ingat-ingat dulu..

Template wordpress bawaan sudah dilengkapi layout responsive. Anda juga bisa memilih template lain yang ditampung di direktorinya. Lalu untuk apa kegunaan Cek Template Responsive ?

1. Template versi lama atau modifikasi template

Seperti admin blog simple tips ini. Nama blognya alkatro, jadi wajarlah kalau themes yang digunakan masih katro 😀

Kita perlu mengkonversi css dari pixel menjadi % untuk pengaturan tata letak maupun font-size pada ‘themes wordpress’ jadul.

Jangan lupa untuk memasang tag meta=”viewport” ini di area header template. Untuk wordpress biasanya ditaruh di header.php,

<meta name=viewport content=width=device-width, initial-scale=1 />

2. Add script di luar widget

Saya kira semua themes developer sudah menggunakan desain responsive ini. Kemungkinan lain, apabila sahabat ingin menambahkan share widget script yang menggunakan css fixed position. Bila margin atau paddingnya belum menggunakan satuan %, kadang posisinya bisa kacau kalau diakses via mobile device. Contohnya widget facebook share yang di samping kiri ini. Saya mengabaikan style untuk device yang ukuran layarnya di bawah 480px.

Lalu, bagaimana langkah simple untuk cek template responsive atau tidak ?

1. Cari tombol resize browser

Buka themes demo page yang ingin digunakan. Sebagai contoh, sahabat sedang membuka blog ini. Coba arahkan mouse ke pojok kanan atas browser.

Ada 3 tombol yaitu: minimize, resize dan exit. Klik resize button.

[cara cek template responsive]

2. Mengubah lebar browser

Ukuran window browser sekarang sudah berubah kan?

Coba arahkan mouse di garis tepi window browser sebelah kanan, sampai tanda pointer mouse berubah <–>. Lalu drag mouse, kemudian tarik ke kiri untuk menciutkan lebar window sesuai keinginan.

Kalau lebar template layoutnya mengikuti lebar window browser, berarti bolehlah dianggap sebagai template responsive.

Alternatif lain, langsung diperiksakan saja alamat web themes demo yang ingin sahabat gunakan ke http://www.studiopress.com/responsive

Demikian ‘cara mudah cek template responsive‘.

Untuk pengguna blogger themes lawas, alternatif cepatnya bisa dengan mengaktifkan fitur mobile template di dashboard.

Cara Simple Cek Template Responsive was posted in tips and tagged , .

.

Comments are closed.